Apakah ERP Integrasi Otomatisasi Proses Bisnis Pasti Meningkatkan Profit

Apakah ERP, Integrasi Otomatisasi Proses Bisnis Pasti Meningkatkan Profit?

Proses Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas bisnis yang melibatkan satu atau lebih macam input untuk menciptakan output yang mempunyai nilai bisnis sering kali menyita waktu dalam penyelesaian berbagai kendala yang ditimbulkan. Belum lagi proses bisnis ini memungkinkan berkembang menyesuaikan produk yang dihasilkan. Cara-cara manual sering kali kurang efektif menyelesaikan kendala-kendala yang ditemukan di lapangan, apalagi berkenaan dengan efektifitas. Lalu, apakah Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah solusinya?

Apa itu ERP?


Enterprise Resource Planning (ERP) adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnis di perusahaan. Aplikasi perangkat lunak ERP penting bagi perusahaan karena membantu mereka menerapkan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan mereka dengan satu sistem. Sistem perangkat lunak ERP juga dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi.

Anda dapat menganggap sistem ERP perencanaan sumber daya perusahaan sebagai perekat yang menyatukan sistem komputer yang berbeda untuk sebuah organisasi besar. Tanpa Software ERP, setiap departemen sudah memiliki sistem untuk mengoptimalkan jobdesk dan kewenanganya. Dengan software ERP, setiap departemen masih memiliki sistemnya sendiri, tetapi semua sistem dapat diakses melalui satu aplikasi dengan satu antarmuka.

Aplikasi ERP juga memungkinkan departemen yang berbeda untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan lebih mudah dengan seluruh perusahaan. Ini mengumpulkan informasi tentang aktivitas dan keadaan divisi yang berbeda, membuat informasi ini tersedia untuk bagian lain, di mana ia dapat digunakan secara produktif.

Aplikasi ERP dapat membantu perusahaan menjadi lebih sadar diri dengan menghubungkan informasi tentang produksi, keuangan, distribusi, dan sumber daya manusia bersama-sama. Karena menghubungkan berbagai teknologi yang digunakan oleh setiap bagian bisnis, aplikasi ERP dapat menghilangkan duplikat yang mahal dan teknologi yang tidak kompatibel. Prosesnya sering mengintegrasikan hutang dagang, sistem kontrol stok, sistem pemantauan pesanan, dan database pelanggan ke dalam satu sistem.

Penawaran ERP telah berkembang selama bertahun-tahun dari model perangkat lunak tradisional yang menggunakan server klien fisik hingga perangkat lunak berbasis cloud yang menawarkan akses jarak jauh berbasis web.

Apakah ERP Meningkatkan Produktifitas dan Profit?


Sebagaimana sistem lainya, sistem dapat meningkatkan produktifitas apabila dapat berjalan dengan efektif disetiap lininya. Di Indonesia hal ini masih minim, terlebih di perusahaan-perusahaan yang masih menerapkan sistem tradisional sebelumnya. dari pengalaman beberapa klien Jogja Software terdapat beberapa sistem tidak berjalan maksimal. Pengaplikasian sistem ERP belum tentu menjamin solusi, karena hal ini bergantung pada sumber daya manusia.

Jadi apakah penerapan sistem ERP menjadi wajib bagi sebuah perusahaan? Tentu jawabanya wajib jika ingin berkembang sebagaimana tujuan dari industri 4.0 tetapi sebelumnya pastikan setiap dari divisi memahami akan pentingnya sistem integrasi ini.

error: CopyRight (c) Jogja Software. Alright Reserved!
Scroll to Top
Ada pertanyaan? Klik disini!