Pastikan Anda Benar Mengukur Keberhasilan Manajemen Produksi

Pastikan Anda Benar Mengukur Keberhasilan Manajemen Produksi

Indikator keberhasilan produksi merupakan bagian dari kegiatan manajemen produksi yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan. Untuk dapat menilai mengukur suatu perusahaan berhasil atau tidak, cara yang paling mudah adalah melihat laba rugi usaha. Perusahaan dikatakan berhasil apabila memperoleh keuntungan dalam kegiatannya. Sedangkan untuk menilai seberapa besar keberhasilan tersebut, perlu indikator-indikator tertentu untuk menilainya. Indikator-indikator tersebut ditinjau dalam bentuk ukuran kinerja perusahaan.

Untuk mengetahui derajat keberhasilan dalam melaksanakan strategi yang sudah disusun, perlu melakukan pengukuran atas produktivitas efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan operasi. Produktivitas sebagai rasio keluaran (output) terhadap masukan (input) yang bertujuan untuk menilai kinerja proses produksi. Pengukuran keberhasilan dalam manajemen produksi meliputi hal hal di bawah ini:

Produktivitas
Produktivitas bukan hanya seberapa besar produksi yang dihasilkan. Namun lebih kepada tinjauan seberapa efektif perusahaan menggunakan sumberdaya yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Produktivitas dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan produksi dengan efisiensi penggunaan sumberdaya yang lebih baik. Sedang produktivitas dalam kegiatan produksi massal ini sangat berpengaruh pada tingkat keuntungan perusahaan.

Kapasitas Produksi
Adalah kemampuan maksimal yang dapat dicapai oleh dalam kegiatan produksi. Kapasitas produksi dalam suatu perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, seperti kapasitas mesin, kapasitas tenaga kerja, kapasitas bahan baku dan kapasitas modal, bersinergi atau terintegrasi antara faktor-faktor tersebut sangat dibutuhkan.

Distribusi
Produk-produk hasil kegiatan produksi harus segera didistribusikan oleh bagian pemasaran kepada semua retailer/agen/distributor produk. Kelancaran dan kecepatan pengiriman hasil produk ini menggambarkan keberhasilan manajemen produksi dalam menjalankan perannya. Pada kegiatan produksi massal, dimana perusahaan berusaha menghasilkan produk sebanyak-banyaknya, maka kecepatan dan kelancaran arus pengiriman sangat dibutuhkan agar kegiatan produksi dapat terus berjalan tanpa terjadi penumpukn produk.

Konsistensi Kualitas
Masalah yang sering muncul pada produksi adalah konsistensi kualitas produk. Manajemen produksi yang baik harus mampu menjamin kualitas produk dari kegiatan produksi tidak berubah dari waktu ke waktu dengan Quality Control. Kualitas produk yang dihasilkan harus selalu sesuai dengan standar produksi yang telah ditetapkan. Hal ini juga sebagai upaya untuk selalu menjaga kepuasan konsumen.

Kecepatan Proses Produksi
Indikator kelancaran dari proses produksi itu sendiri. Kecepatan proses produksi menunjukkan bahwa kegiatan produksi berjalan dengan baik tanpa ada kendala di dalamnya.

Fleksibilitas
Layout atau tata letak mesin dan alur produksi diatur sedemikian rupa sehingga kegiatan produksi mampu menghasilkan beberapa varian produksi tanpa perubahan yang signifikan. Sehingga perusahaan dapat memenuhi beberapa selera konsumen yang berbeda tanpa adanya perubahan biaya dan waktu secara signifikan pula.

Indikator ini merupakan bagian dari kegiatan manajemen produksi yang bertujuan untuk menciptakan kegunaan bentuk.

Contoh perusahaan yang berhasil dalam menerapkan manajemen produksi paling mudah adalah pabrikan mobil Ford. Menengok sedikit sejarah, Henry Ford menemukan sebuah sistem untuk perakitan mobil pada tahun 1913. Ia menggunakan sebuah jalur perakitan berjalan saat memproduksi Ford Model T. Dalam jalur perakitan ini baik pekerja dan mesin melakukan pekerjaan detail yang kecil secara bersama-sama. Pekerjaan-pekerjaan kecil tersebut kemudian menghasilkan sebuah produk akhir berupa mobil Ford T yang legendaris.

Henry Ford berhasil mengubah sebuah mobil menjadi produk massal yang bisa dimiliki oleh banyak orang. Sampai saat ini metode yang digunakan oleh Ford masih digunakan dan menjadi standar dalam produksi.

Produksi massal adalah sebuah proses produksi untuk menghasilkan produk dalam jumlah banyak secara terus menerus. Komponen di dalamnya bercirikan banyaknya penggunaan teknologi mesin, terstruktur dan membagi pekerjaan besar ke pekerjaan kecil yang dilakukan secara repetitif. Produksi massal dikatakan berhasil dilihat dari beberapa indikator mulai dari produktivitas, kapasitas produksi sampai kepuasan konsumen.

Mengukur keberhasilan manajemen produksi yang akurat tentu saja menggunakan data yang real. Untuk itu sangat dibutuhkan sebuah usaha menerapkan sistem yang mampu menampilkan data yang baik untuk mengukur keberhasilan produksi. Disinilah Jogja Software membangun sistem informasi Enterprise Resource Management (ERP) yang mampu memaksimalkan kinerja sumber daya, apabila secara maksimal dapat diterapkan dalam perusahaan.

Apa itu Software ERP?

ERP adalah proses konsolidasi pengumpulan dan pengorganisasian data bisnis melalui rangkaian perangkat lunak terintegrasi. Software ERP berisi aplikasi yang mengotomatiskan fungsi bisnis seperti produksi, laporan penjualan, akuntansi, dan lainnya.

Dalam istilah awam, ERP memfasilitasi operasi perusahaan Anda di setiap departemen. Solusi ERP meningkatkan cara Anda menangani sumber daya bisnis, apakah itu bahan mentah untuk produksi atau jam staf untuk sumber daya manusia.

Pembuatan Software ERP
ilustrasi: Software ERP

Ada lebih banyak lagi definisi ERP yang berbeda-beda apakah ditujukan untuk pengembang, vendor, atau media teknologi. Sebagian besar setuju ERP dimaksudkan untuk melayani semua departemen perusahaan dengan proses bisnis yang lebih baik.

ERP menyediakan platform yang terintegrasi sepenuhnya dan intuitif di mana Anda dapat menganalisis, memantau, dan melakukan sebagian besar tugas yang digerakkan oleh data. Melalui database tunggal, ERP mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data di semua departemen. Ini memastikan komunikasi yang lancar dalam organisasi Anda.

Perusahaan saat ini tidak lagi harus bekerja secara terpisah, berkat ERP. Bekerja dari satu sumber informasi mengurangi perbedaan antara tim Anda bersama dengan kesalahan dan biaya terkait.

Cialis compresse masticabili è un rimedio medicinale e alcuni oli vegetali, utilizzati da voce esterna è un potente afrodisiaco naturale. Le big pharma investono miliardi, questo farmaco è un inibitore della fosfodiesterasi usato per il trattamento delle disfunzioni sessuali come l’impotenza e dove puoi Acquistare Viagra online con uno sconto del 10% sul tuo primo ordine.

Integrasi juga memungkinkan bisnis Anda bekerja dengan banyak komponen sekaligus. Misalnya, dengan manajemen hubungan pelanggan (CRM) terintegrasi, pengguna dapat mengakses riwayat pesanan dan informasi pelanggan dalam sistem yang sama.

Analisis data memberikan wawasan tentang tren bisnis dan dapat menawarkan prediksi berdasarkan praktik masa lalu. Ini meningkatkan efisiensi pada skala organisasi, memastikan kelancaran operasi dan meningkatkan produktivitas.

error: CopyRight (c) Jogja Software. Alright Reserved!
Scroll to Top
Ada pertanyaan? Klik disini!